Tips Promosi Lebih Efektif Lewat YouTube

Ketika memulai bisnis merchandise, promosi menjadi hal penting untuk memastikan followers dan audiens kamu mengetahui produk yang kamu jual. Media sosial menjadi pilihan tepat, tidak hanya gratis, tapi juga memiliki berbagai fitur untuk membantu kamu mempromosikan produk, salah satunya adalah YouTube. Berikut beberapa tips untuk memulai menjual merchandise melalui channel YouTube kamu!

  1. Tunjukkan produk kamu

    Sebagai platform berbasis video, YouTube akan membuat perhatian audiens terfokus pada apa yang ditampilkan. Apa pun jenis konten yang kamu rancang, pastikan kamu menampilkan merchandise kamu untuk dilihat audiens. Cara ini bisa jadi pilihan efektif terutama ketika kamu tidak secara aktif mempromosikan merchandise di platform lainnya. Kamu juga dapat menyampaikan informasi tentang merchandise tersebut di dalam konten atau deskripsi video. Dengan cara ini, audiens akan mengetahui bahwa kamu memiliki merhcandise yang dapat mereka beli.
     
  2. PIlih produk yang tepat untuk audiens kamu

    Selain merchandise klasik seperti kaus, hoodie, dan mugs, masih banyak produk yang bisa kamu jual untuk menambah keunikan brand kamu dan tentunya menarik perhatian audiens. Sebelum memilih produk, kenali audiens kamu terlebih dahulu, produk apa yang kira-kira akan menarik perhatian mereka? Apakah collectibles seperti stiker dan poster? Atau yang fungsional seperti tumbler, notebook, dan totebag?
     
  3. Temukan affiliate yang tepat

    Affiliate Program telah banyak diaplikasikan oleh berbagai creator. Ketika ada pembeli yang membeli melalui link dari affiliate, mereka mendapat komisi dari setiap link. Pastikan kamu memilih affiliate program yang tepat sesuai dengan konten dan audiens kamu. Pastikan juga kamu memberi brief yang jelas terhadap apa yang ingin kamu promosikan dan unique selling point dari produk yang kamu tawarkan.
     
  4. Dapatkan opini dari subscriber kamu

    Menjual merchandise kepada followers dan subscriber dapat menjadi tantangan tersendiri karena kamu harus membuat desain yang menunjukkan brand kamu tapi masih menarik perhatian pengikutmu. Lakukan polling lewat media sosial untuk menentukan desain yang tepat yang disukai oleh fans sebelum membuat desain final.
     
  5. Cari Print on Demand yang fleksibel

    Salah satu resiko dari penjualan merchandise adalah kerugian dari biaya produksi karena produk yang tidak habis terjual. Maka dari itu, penting untuk menemukan supplier atau vendor yang bisa fleksibel atau menyediakan layanan Print on Demand seperti Arterous. Kamu dapat membuat merchandise tanpa khawatir mengalami kerugian atau kebingungan mencari tempat untuk menyimpan stok merchandise kamu.

Dengan variasi produk yang beragam, kamu memiliki kebebasan dalam memilih merchandise yang ingin kamu jual kepada followers dan subscribers kamu. Tidak perlu khawatir menyiapkan biaya produksi atau menggunakan sistem pre-order yang memakan waktu lama. Hanya dengan mengintegrasikan akun marketplace brand kamu dengan akun Arterous, kamu dapat dengan mudah mendesain produk-produk yang ingin kamu jual, seperti t-shirt, mugs, poster, tumbler, poster, notebook, pop socket, dan masih banyak yang lainnya.